Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Makanan Yang Justru Berbahaya Jika Dipanaskan Kembali

Saat mengonsumsi makanan tertentu, terkadang kamu menyisakan makanan tersebut untuk kamu konsumsi di lain waktu. Nah, saat akan dikonsumsi kembali, kamu pun biasanya akan menghangatkannya.

Kebiasaan menghangatkan makanan ini mungkin sudah sering dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut nyatanya selain membuat makanannya akan tetap hangat juga bisa menghemat pengeluaran.

Namun, siapa sangka jika ada beberapa makanan yang justru berbahaya jika kamu memanaskannya kembali saat akan dikonsumsi. Oleh karenya, kamu pun harus mengetahui makanan apa saja yang masuk kategori ini.

Di sini, kami sudah merangkum 5 makanan yang justru berdampak kurang baik hingga berbahaya untuk dikonsumsi jika dipanaskan kembali. Langsung saja simak kesepuluh makanannya berikut ini.

Bayam
Bayam merupakan sayuran yang bisa dimasak dengan berbagai cara mulai dari ditumis, menjadi sayur bening hingga sebagai bahan campuran gado-gado atau lotek.

Nah, makanan yang menjadi sumber kekuatan Popeye ini dikenal akan kandungan nitratnya yang cukup tinggi. Kandungan tersebut didapat dari air, pupuk, tanah, dan udara yang digunakan bayam untuk hidup.

Baca Juga  Delapan Perusahaan Terbaik Sepanjang Tahun 2019

Senyawa nitrat yang ada pada bayam sendiri termasuk senyawa yang berbahaya jika dipanaskan. Pasalnya, jika dipanaskan, senyawa tersebut bisa menyebabkanmu terkena kanker.

Kentang
Saat kamu membutuhkan karbohidrat yang cukup banyak, kentang biasanya menjadi salah satu alternatif yang baik untuk dikonsumsi. Kandungan karbohidrat dalam kentang mampu menyalurkan tenaga pada tubuh.

Namun, dibalik manfaat yang bisa didapat dari kentang, makanan ini pun termasuk salah satu makanan yang tidak boleh dipanaskan jika pada mulanya dibiarkan dingin pada suhu kamar setelah dimasak pertama kali.

Jika kamu melakukannya, kamu justru bisa keracunan akibat kentang yang sudah kamu panaskan tadi. Saat berada di suhu kamar, bakteri botulisme dapat tumbuh di kentang yang sudah dingin tersebut.

Daging Ayam
Daging ayam bisa jadi termasuk salah satu jenis daging yang banyak orang konsumsi. Selain harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan daging sapi dan kambing, kemudahan dalam pengolahannya menjadikan daging ini banyak difavoritkan.

Oleh karena itu, makanan dari olahan daging ayam pun kerap kali dipanaskan kembali saat akan dikonsumsi. Namun, hal tersebut justru tidak dianjurkan untuk kamu lakukan.

Baca Juga  7 Hal yang Bisa Merusak Kesehatan Mental

Pasalnya, kandungan protein yang terdapat pada daging ayam akan hilang saat kamu memanaskan kembali daging ayam tersebut. Bahkan, kamu bisa terkena masalah dalam pencernaan saat mengonsumsi ayam yang dipanaskan kembali.

Jamur
Sama seperti halnya daging ayam, jamur pun termasuk bahan makanan yang kaya akan protein. Jika diolah dengan tepat, jamur bisa menjadi hidangan yang maknyus dan lezat untuk disantap.

Walaupun demikian, jamur bisa menjadi makanan yang berbahaya untuk tubuh jika dipanaskan kembali saat akan dikonsumsi. Hal tersebut terjadi karena jamur sangat riskan terserang mikroorganisme.

Makanan dengan olahan jamur yang dipanaskan kembali bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut. Untuk itu, sangatlah disarankan untuk menghabiskan hidangan dengan bahan dasar jamur dalam sekali makan.

Telur
Tidak hanya dagingnya saja yang biasa diolah menjadi makanan yang enak dan lezat, telur ayam pun mampu dimasak untuk menjadi sesuatu yang menggugah nafsu makan.

Sebagai salah satu sumber protein terbaik, telur pun termasuk bahan makanan yang mudah diolah dalam waktu yang relatif singkat. Walaupun begitu, hidangan berbahan telur tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang.

Baca Juga  Di Dalam Ruangan Tanpa Ventilasi, 7 Tanaman Hias Ini Bisa Tumbuh Subur

Pasalnya, saat dibiarkan di suhu ruangan, hidangan tersebut justru menjadi tempat berkembangbiak bakteri yang berbahaya untuk pencernaan tubuh dan akan menimbulkan racun saat dipanaskan kembali.

WhatsApp chat