Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Makanan Yang Harus Anda Hindari untuk Mencegah Sembelit Saat Berpuasa

Masalah pencernaan termasuk sembelit sering disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kurang olahraga, terutama saat puasa di tengah-tengah karantina yang berkepanjangan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus terlebih dahulu melihat apa yang telah Anda konsumsi saat terjebak di rumah.

Seorang ahli gizi Lavleen Kaur menguraikan lima makanan yang harus Anda hindari untuk mencegah sembelit seperti dikutip dari Indian Express.

1. Makanan olahan

Produk berbasis tepung terigu seperti cookies dan mie kekurangan serat dan sulit dicerna. Ini juga meningkatkan gula darah tubuh yang mengarah pada resistensi insulin dan rasa lapar.

Alih-alih, lebih baik mengonsumsi biji-bijian utuh, sayuran, atau makanan berserat tinggi untuk membantu proses pencernaan dan membuat Anda kenyang lebih lama.

2. Makanan dengan kadar gula tinggi

Karena berkurangnya aktivitas fisik selama puasa dan kuncian, Anda juga harus mengurangi asupan gula. Jika Anda menginginkan permen, pilihlah makanan buatan sendiri atau yang manis alami agar Anda dapat mempertahankan kadar gula darah yang sehat.

Baca Juga  TAHUKAH ANDA : INILAH ORANG PERTAMA YANG MEMPRAKARSAI PERIKLANAN DI INDONESIA

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng seperti keripik dan kentang goreng tinggi lemak trans yang meningkatkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, cenderung menurunkan kadar air tinja karena kandungan garam yang berlebihan.

4. Makanan olahan

Mie dan makanan instan lainnya mengandung banyak pengawet, garam, gula, dan lemak trans, dan cenderung rendah vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mendukung pergerakan usus. Makan makanan dan camilan segar untuk meningkatkan asupan serat Anda.

5. Jus kalengan

Gula tersembunyi yang terkandung dalam jus kaleng dapat menyebabkan resistensi insulin yang menyebabkan sembelit. Konsumsi jus segar atau buah-buahan yang lebih mudah dicerna termasuk pisang dan alpukat untuk menjaga tingkat energi Anda.

WhatsApp chat