Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Hal Yang Menandakan Jika Supermarket Yang Anda Kunjungi Aman

Saat wabah COVID-19, supermarket adalah tempat yang harus tetap beroperasi. Sebelum masuk, kamu harus tahu apakah supermarket aman dikunjungi atau tidak.

Berikut adalah ciri-ciri supermarket aman.

Adanya imbauan protokol kesehatan
Salah satu cara untuk menekan persebaran virus adalah dengan saling mengingatkan. Selain mengingatkan antar individu, pihak supermarket juga memiliki kewajiban untuk terus mengingatkan pengunjungnya tentang protokol kesehatan.

Melakukan pengecekan suhu tubuh
Jika seseorang terkena virus corona, salah satu gejalanya adalah naiknya suhu tubuh. Untuk itu, setiap orang yang masuk ke dalam supermarket wajib dicek suhu tubuhnya.

Suhu tubuh biasanya dicek menggunakan alat termometer tembak. Alat ini berbeda dengan termoter biasa. Cara kerjanya adalah mendeteksi suhu tubuh dengan sinar inframerah.

Suhu tubuh normal manusia ada di kisaran 36,5-37,5 derajat Celsius. Jika ada pengunjung yang memiliki suhu tubuh di atas batas tersebut otomatis akan diminta untuk kembali pulang atau menghubungi pihak pelayanan kesehatan.

Menyediakan tempat cuci tangan dan penyanitasi tangan
Sudah umum diketahui bahwa tangan memegang peranan penting dalam penularan virus. Oleh karena itu, supermarket aman dikunjungi jika kamu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih dan dilakukan terutama saat masuk ke dalam.

Baca Juga  Menerapkan Filosofi Stoikisme dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nah, supermarket aman adalah supermarket yang menyediakan tempat mencuci tangan yang bersih dan juga penyanitasi tangan. Tempat cuci tangan ini biasanya disediakan di dekat pintu masuk supermarket.

Air harus mengalir dan sabun harus disediakan. Akan lebih baik jika tempat cuci yang disediakan menggunakan mekanisme diinjak sehingga mengurangi frekuensi tangan menyentuh benda-benda di tempat publik.

Karyawan menerapkan protokol kesehatan adalah bagian dari supermarket aman
Pada awalnya, penggunaan masker hanya diperuntukkan bagi mereka yang sakit dan tenaga kesehatan saja. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan ditemukannya fakta-fakta baru, kini penggunaan masker diwajibkan bagi semua orang. Masker yang digunakan lebih baik masker kain karena masker operasi dan N95 diperuntukkan untuk tenaga kesehatan.

Masker dinilai mampu mencegah seseorang terpapar virus corona. Yang sakit mencegah penularan melalui droplet sedangkan yang sehat berjaga-jaga jika mereka adalah orang tanpa gejala yang juga mampu menularkan virus.

Di samping masker, ada juga pelindung wajah atau face shield. Fungsi face shield hampir sama dengan masker. Hanya saja, cakupan face shield lebih luas yaitu seluruh wajah dan lebih nyaman digunakan jika dibandingkan dengan masker.

Baca Juga  3 Tempat Wisata Air Terjun Jakarta yang Bisa Bikin Adem

Selain masker dan face shield, supermarket aman juga harus memasang pembatas antara karyawan dan pengunjung di kasir.  

Supermarket aman dengan adanya penanda physical distancing
Jarak yang dianjurkan untuk dijaga selama berada di tempat publik adalah minimal 1 meter. Saat berada di supermarket, hal ini mungkin akan sulit diterapkan karena jumlah orang yang berbelanja. Oleh karena itu, sebagai upaya menerapkan physical distancing, supermarket aman harus membuat tanda jaga jarak setidaknya di antrian kasir.

WhatsApp chat