Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Cara Sehat Menahan Kantuk Tanpa Kopi

Kopi menjadi salah satu andalan banyak masyarakat untuk menahan rasa kantuk yang melanda. Selain menahan kantuk, kopi pun dapat membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga mampu kembali beraktivitas dengan penuh semangat. Namun apa jadinya jika kamu bukan salah seorang pencinta kopi? Tak jarang juga ditemukan orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi kopi karena masalah kesehatan.

Kafein memang mampu membuat kamu tetap terjaga, namun sayangnya kafein secara tidak langsung dapat mengubah aturan normal tidur kamu. Oleh karena itu tak selamanya kopi menjadi solusi terbaik untuk kamu menahan kantuk. Selain itu kafein pada kopi juga tidak dianjurkan diminum oleh anak-anak. Meskipun kopi aman dikonsumsi dalam jumlah sedang, namun dapat berdampak negatif pada gizi anak.

Konsumsi kopi dapat membuat nafsu anak menjadi turun. Oleh karena itu anak disarankan untuk tak meminum kopi saat belajar atau sedang di sekolah. Selain itu kopi juga tidak disarankan dikonsumsi wanita yang sedang hamil dan menyusui. Lalu adakah cara lain untuk mengusir kantuk yang aman bagi siapapun baik dewasa, muda, dan aman bagi ibu hamil dan menyusui? Berikut beberapa tips menghilangkan kantuk yang bisa kamu coba langsung!

Baca Juga  Polusi Udara Dapat Menyebabkan Penuaan Dini?

Olahraga
Tips menghilangkan kantuk tanpa kopi yang pertama adalah dengan melakukan olahraga. Selain dapat menghilangkan kantuk, olahraga pun membantu membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Cara kerja olahraga dalam menghilangkan rasa kantuk adalah dengan membantu menaikkan sirkulasi darah dari setiap gerakkan tubuh yang kamu lakukan. Badan yang dipakai untuk berolahraga dapat tetap segar dan terus berenergi setiap saat.

Atur Pernapasan
Tanpa perlu menyeduh kopi kamu dapat menghilangkan rasa kantuk kamu dengan mengatur pernapasan, Kamu dapat mencoba menarik napas dalam-dalam lalu menghembuskannya secara perlahan. Mengatur pernapasan faktanya dapat membantu mengoptimalkan asupan oksigen dalam tubuh dengan baik. Kadar oksigen yang mencukupi dan teraturnya pernapasan dapat membuat pikiran kamu lebih tenang.

Saat pikiran kamu sudah tenang, maka kamu bisa terjaga dan lebih fokus. Bob jamin deh semua pekerjaan akan terselesaikan dengan baik! Lalu mengapa rasa kantuk bisa datang? Selain kurangnya istirahat, rasa kantuk juga bisa datang karena kamu merasa bosan. Untuk mengatasi rasa kantuk yang disebabkan rasa jenuh, cobalah untuk keluar rumah atau kantor sejenak untuk mencari udara segar. Dengan menghirup udara segar maka pikiran kamu akan kembali jernih.

Baca Juga  Cara Mudah Dapatkan Rambut Indah

Hindari Stres
Stres merupakan salah satu biang keladi munculnya berbagai masalah baik secara fisik maupun mental. Stres berlebih pun akan membuat tubuh lesu sehingga malas melakukan berbagai aktivitas sehingga menimbulkan rasa kantuk. Untuk mengatasi rasa kantuk dan stres berlebih ini cobalah untuk menenangkan pikiran dengan baik.

Kamu bisa menghilangkan stres dengan melakukan refreshing, melakukan hal yang kamu sukai, atau sekedar menenangkan diri dengan menghirup udara segar. Dengan mengelola pikiran dengan baik maka tubuh akan selalu bersemangat. Salah satu contoh mudah dan sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan jalan sebentar ke luar kantor atau sekadar ke halaman belakang untuk menghirup udara alami di luar ruangan. kamu juga bisa melakukan ini sambil melakukan peregangan tubuh.

Makanan Sehat
Tanpa kamu ketahui makanan yang masuk ke tubuh kamu ternyata dapat berkontribusi pada munculnya rasa kantuk. Untuk menghindari rasa kantuk itu datang menyerang kamu dapat mensiasatinya dengan mengonsumsi makanan sehat. Dengan memenuhi nutrisi tubuh secara baik maka metabolisme tubuh akan menjadi semakin baik.

Baca Juga  Wajib Tahu! Ini 5 Jenis Riba dalam Islam yang Harus Dihindari

Hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Kamu dapat mengonsumsi sayuran, buah yang kaya akan serat, vitamin dan mineral tinggi agar energi tetap terjaga. Bob jamin deh kamu tidak akan merasa mudah mengantuk dengan melakukan tips ini!

Minum Air Putih
Tips selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan tubuh kamu akan cairan. Kekurangan air putih atau dehidrasi faktanya dapat menyebabkan kantuk diakibatkan kurangnya oksigen. Selain rasa kantuk, dehidrasi pun dapat membuat badan kamu terasa amat sangat lelah.

Oleh karena itu jangan lupa untuk memperkuat daya tahan tubuh dengan banyak mengonsumsi air putih. Kami sarankan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas setiap hari. Selain ampuh mengusir kantuk, air putih pun dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh melalui pengeluaran buang air kecil.

WhatsApp chat