Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

5 Cara Jitu Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja

Tak bisa dipungkiri, menjalankan pekerjaan yang sama setiap hari seringkali membuat pikiran jenuh. Apalagi jika tugas-tugasnya udah menumpuk, terikat deadline, hingga menyebabkan tak ada waktu bersantai. Duh, rasanya pasti stres!

Apabila Anda mengalami hal tersebut, percayalah bahwa semua orang yang bekerja juga merasakan itu. Ya, jenuh dalam bekerja adalah sesuatu yang wajar.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu selalu mengeluh. Apalagi sampai memutuskan resign hanya karena jenuh dengan kerjaan.

Sebenarnya rasa jenuh itu bisa diatasi dengan mudah, kok! Jika Anda bingung bagaimana caranya, baca saja tips-tips menghilangkan kejenuhan dalam bekerja di bawah ini.

1. Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak
Kadangkala terlalu fokus bekerja membuat Anda lupa waktu. Tentunya hal itu tidaklah baik. Sebab, jika Anda memaksakan otak untuk terus bekerja bahkan di saat pikiran sudah jenuh, maka akibatnya produktivitas akan menurun.

Sebaiknya, ketika Anda mulai lelah, luangkan waktu untuk rehat sejenak. Tak perlu lama, minimal 30 menit saja. Pergilah ke luar, duduk di taman dan hirup udara segar.

Baca Juga  Sikap Orang Tua Yang Dibenci Anak

Jangan lupa minum air putih dan makanlah sesuatu. Dengan begitu semangat Anda bisa tumbuh kembali.

2. Coba Cari Tahu Penyebab Kejenuhan
Munculnya kejenuhan saat bekerja tentunya ada sebabnya. Nah, Anda coba identifikasi penyebab dari rasa jenuh tersebut secara spesifik.

Apakah dikarenakan pekerjaan yang terlalu banyak? Tugas menumpuk? Deadline terlalu singkat? Rekan kerja yang tidak baik? Gaji yang tidak sesuai? Suasana di kantor yang buruk? Atau hal lain?

Dengan mengetahui penyebab dari kejenuhan itu, Anda bisa menemukan solusinya dengan mudah. Misalnya saja, Anda merasa pekerjaan terlalu berat, coba deh berkonsultasi dengan manager Anda. Ya, siapa tahu dia bisa membantu mengatasi permasalahan Anda.

3. Lakukan Sesuatu yang Menyenangkan Saat Bekerja
Cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja selanjutnya yakni dengan mencoba melakukan aktivitas yang menyenangkan.Misalnya saja, Anda bisa bekerja sambil mendengarkan musik atau sambil ngemil.

Jika pekerjaan Anda cukup santai, Anda bisa menyelingi dengan main game atau nonton film. Namun, bila aktivitas tersebut menganggu kosentrasi Anda, maka jangan dilakukan.

Baca Juga  Terungkap! Nagita Slavina Sering Gelisah saat Raffi Ahmad Tak di Rumah, Rafathar: Papa Kangen Sama Mama Gak Sih?

Hal ini bergantung pada kebiasaan Anda. Jika memang Anda menyukai bekerja sendirian dan fokus pada tugas saja, ya maka lakukan itu. Intinya, buatlah diri Anda senyaman mungkin.

4. Ciptakan Suasana Baru dengan Mendekorasi Tempat Kerja Anda
Tahukah Anda bahwa bekerja dengan suasana yang sama dalam kurun waktu lama bisa memicu kejenuhan, lho! Oleh karenanya, akan sangat menyenangkan bila sesekali Anda mendekorasi tempat kerja.

Semisal nih, Anda kerja sebagai pegawai di perusahan, maka coba deh dekorasi meja kerja Anda. Bersihkan dan tata barang-barangnya agar lebih rapi. Anda juga bisa meletakkan hiasan untuk mempercantik tampilan, seperti pot bunga, bingkai foto, atau benda lainnya.

Apabila tempat kerja Anda sudah jadi lebih menarik, dijamin deh mood Anda dalam bekerja pasti bakal meningkat.

5. Cobalah Berpikir Positif
Selanjutnya, cara menghilangkan kejenuhan dalam bekerja yaitu dengan berpikiran positif. Coba hadapi pekerjaan tersebut secara santai. Jangan dijadikan beban.

Bagaimanapun juga, Anda harus bersyukur dengan posisi Anda saat ini. Sebab diluar sana masih banyak orang yang nganggur nyari kerja tapi gak dapet-dapet.

Baca Juga  Lima Manfaat Tidur Siang yang Wajib Kamu Ketahui

Coba pahami itu. Pahami bahwa Anda adalah orang yang beruntung. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa terlalu terbebani.

WhatsApp chat