Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

5 Cara Diet Paling Aman dan Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Dari tahun ke tahun, ada banyak pilihan jenis-jenis diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan tubuh ideal. Mau yang ekstrem ada, yang santai tapi pasti juga ada. Perbedaannya biasa dari pemilihan menu makanan, waktu makan, dan aneka pantangan yang harus diikuti.

Kalau Anda malas ribet dan tidak suka ada pantangan jenis makanan tertentu, bisa coba lima trik berikut ini.

Fokus pada pengurangan kalori
Daripada pusing memikirkan pantangan makanan, lebih baik fokus saja pada takaran kalorinya. Sebelumnya, Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian Anda dan menguranginya sekitar 500-an. Kurang lebih bisa konsumsi 1000-1500 kalori per hari.

Dari perhitungan itu, Anda bebas pilih makanan apa aja yang penting tidak melampaui batasan. Mau makan nasi putih, mie, roti, gorengan, junk food, sebenarnya bisa saja sesekali. Misalnya, seminggu sekali atau dua kali sebulan boleh kok jajan pizza atau makan mie instan. Tapi demi tubuh lebih sehat, sebaiknya perbanyak makanan yang lebih sehat seperti sayur dan buah, makanan rendah lemak, karbohidrat kompleks, serta kurangi garam dan gula.

Baca Juga  Ingin Memiliki Tubuh Cantik Dan Seksi Seperti Maria Vania? Inilah Rahasianya

Perbanyak makan sayur dan buah
Selama diet, Anda bisa perbanyak makan sayur dan buah. Pokoknya, tiap hari harus ada sayur dan buah. Bebas mau diolah seperti apa. Untuk sayuran, bisa direbus, tumis, bikin sup atau salad. Untuk buah-buahan, bisa langsung dimakan, jus tanpa gula, atau dibikin salad dengan tambahan yoghurt.

Minum air putih
Sepele tapi penting, jangan sampai lupa minum air putih minimal 2 liter sehari selama diet. Malah, Anda bisa juga tidak minum minuman berkalori seperti teh manis, es kopi susu, boba, soda, dan teman-temannya. Jadi sehari-hari cuma minum air putih. Boleh juga diselingi teh atau kopi tanpa gula biar tidak bosan.

Selain menghilangkan dahaga, minum air putih juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Air putih ini tidak mengandung kalori sehingga diminum banyak pun tak akan menjadikan Anda gemuk. Plus, dengan cukup minum air, tubuh jadi selalu terhidrasi dengan baik dan tidak bikin Anda jadi gampang lapar palsu karena haus.

Baca Juga  Kulit Salak Bisa Diolah Jadi Teh yang Menyehatkan, Ini Cara Membuatnya

Mengurangi konsumsi gula dan garam
Makanan manis dan asin kalau dikonsumsi berlebihan memang tidak baik untuk tubuh. Saat sedang diet, Anda bisa mengurangi masakan yang asin dan manis. Tetap boleh masak dengan gula dan garam, hanya saja batasi penggunaannya.

Kandungan sodium dalam garam bisa membuat proses metabolisme lemak dalam tubuh jadi lebih lambat. Kalau ingin bikin makanan asin dan lebih sehat, bisa pilih garam laut yang lebih rendah sodium.

Olahraga
Demi tubuh ramping ideal, jangan lupa untuk olahraga secara rutin. Bisa mulai rajin-rajin jalan kaki, jogging, sepedaan, berenang, dan latihan lain yang Anda suka. Anda bisa sisihkan waktu untuk bergerak, setidaknya 30 menit tiap hari.

WhatsApp chat