Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

3 Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Dari mulai mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah dengan bangun pagi.

Bagi sebagian orang bangun pagi adalah sebuah tantangan. Tidak mudah untuk membuka mata dan mulai beraktivitas. Terkadang terhalang oleh rasa malas dan banyak alasan lain.

Akan tetapi, bangun pagi justru memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Penasaran manfaat kesehatan dan kecantikan apa saja yang bisa kamu dapatkan dari bangun pagi? Simak terus di sini ya!

Melawan radikal bebas
Kamu pasti pernah mendengar yang namanya radikan bebas. Molekul yang bisa ditemukan di sekitar kamu itu disebut sebagai sumber berbagai macam penyakit seperti kanker, jantung, hingga Alzheimer. Radikal bebas juga bisa memengaruhi kesehatan kulit sehingga menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Salah satu zat yang bisa melawan radikal bebas adalah antioksidan. Antioksidan adalah zat yang berperan sebagai penetralisir sifat reaktif radikal bebas tersebut.

Pada umumnya, untuk melawan radikal bebas, tubuh kamu sudah diprogram untuk menghasilkan antioksidan. Akan tetapi, tubuh tidak selalu bisa memproduksi antioksidan. Oleh karena itu, kamu membutuhkan asupan antioksidan yang bersumber dari luar seperti makanan sehat.

Baca Juga  Memaknai Hijrah di Masa Pandemi, Dude Harlino: Jangan Hanya Nunggu Bantuan

Selain makanan, kamu juga bisa memperoleh antioksidan dari luar seperti udara. Nah, pagi hari adalah saat yang tepat untuk menghirup antioksidan tersebut. Menurut dr. Zaidul Akbar, waktu subuh hingga terbit matahari adalah waktu yang terbaik untuk bereaktivitas.

Di rentang waktu tersebut udara memproduksi apa yang disebut dengan nitric oxide. Senyawa tersebut adalah salah satu antioksidan paling kuat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, usahakan untuk bangun saat subuh dan jangan tidur lagi setelahnya. Selain tidak kebagian antioksidan tersebut, tidur setelah subuh juga berbahaya untuk kesehatan jantung.

Memberikan lebih banyak energi
Cukup istirahat sama dengan energi yang lebih banyak. Jika kamu membiasakan bangun pagi dan tidur lebih cepat, kamu akan memiliki pola tidur dan kesehatan yang lebih baik sehingga membuat kamu merasa lebih bersemangat sepanjang hari.

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan kamu lebih awal dan menyelesaikannya dengan segera. Kalau kamu sering tidur terlalu malam alias begadang, kondisi kesehatan kamu bisa terganggu.

Baca Juga  Instagram Tampaknya Ingin Pengguna Agar Lihat Konten Reels

Membantu mengontrol berat badan
Bangun di pagi hari pasti ada hubungannya dengan pola tidur yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki kecenderungan untuk makan camilan di malam hari. Tentu saja makan camilan di malam hari tidak baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Soalnya, berbeda dengan pagi hari, kamu tidak akan banyak beraktivitas sehingga perut tidak akan bisa mencerna makanan dengan baik dan akhirnya lemak akan menumpuk. Kenaikan berat badan pun sudah di depan mata.

WhatsApp chat