Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

3 Hal yang Membuat Kelabang Muncul di Dalam Kamar Mandi

Munculnya kelabang di dalam kamar mandi merupakan hal yang umum terjadi di banyak rumah seseorang. Kejadian ini sering kali membuat penghuni rumah merasa khawatir karena mereka takut digigit oleh kelabang saat mandi atau buang air di kamar mandi.

Lantas, mengapa kelabang muncul di kamar mandi? Apakah kamar mandi merupakan habitatnya?

  1. Kelabang membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup

Alasan utama mengapa kelabang muncul di kamar mandi adalah karena area ini penuh dengan ruang lembap yang disukai oleh salah satu hewan tak bertulang belakang tersebut.

Lipan atau kelabang adalah makhluk yang membutuhkan sumber air konstan untuk bertahan hidup. Jadi, air adalah sumber nutrisi utama kelabang. Karena kelabang tidak memiliki kutikula yang menjaga kelembapan, mereka selalu mencari air untuk mengisi kembali cadangannya.

Selain itu, kamar mandi menyediakan banyak sumber kelembapan yang dibutuhkan kelabang untuk berkembang. Air yang terciprat ke lantai dan dinding, sisa air di bak mandi dan ember, serta kondensasi dari bak mandi atau shower air panas pada akhirnya menjadikan kamar mandi tempat yang sempurna untuk kelabang tinggal.

  1. Kelabang tidak dapat menangani suhu yang keras
Baca Juga  Catat! UMP Naik Tipis, Berikut Daftar UMP di Beberapa Provinsi Tahun 2022

Kelabang tidak memiliki banyak kendali internal atas suhu tubuhnya. Artinya, suhu tubuh mereka hanya ditentukan oleh suhu lingkungannya.

Idealnya, kelabang lebih suka berada di tempat yang sejuk. Mereka tidak dapat bertahan hidup di lingkungan dengan suhu yang sangat panas atau dingin.

Dengan insulasi, sistem pendingin udara, dan atap untuk berteduh, rumahmu menawarkan kondisi yang paling baik bagi kelabang untuk bertahan hidup. Dan kamar mandi adalah salah satu area yang lebih sejuk di sebuah rumah. Oleh karena itu, kelabang secara mengejutkan tertarik padanya.

  1. Kamar mandi penuh dengan serangga yang disukai kelabang

Selain pasokan air dan kontrol suhu yang konstan, suplai makanan adalah alasan lain yang membuat kelabang ada di kamar mandi. Kelabang adalah arthropoda karnivora yang memangsa serangga dan hama lainnya, seperti kutu busuk, kecoak, laba-laba, dan kumbang.

Semua makhluk ini adalah serangga rumah tangga biasa yang sering ditemukan di rumah dan pekarangan.

Jika ada lebih banyak kelabang di rumah baru-baru ini, khususnya kamar mandimu, ada kemungkinan besar mangsa mereka meningkat dan kamu akan memiliki lebih dari satu masalah hama untuk diatasi.

Baca Juga  Rekomendasi Ahli, Begini 7 Cara Mengatasi Overthinking sebelum Tidur
WhatsApp chat