Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

3 Cara Membuat Karyawan Betah

Saat membangun sebuah bisnis atau perusahaan baru atau start up, tentu sebagai pendiri akan melakukan merekrut karyawan barunya dengan sangat teliti. Hal ini memang perlu dilakukan, sebab karyawan merupakan aset dari perusahaan karena setiap harinya karyawan mengelola bisnis yang dijalankan hingga mencapai target yang sudah ditentukan. Artinya, karyawan yang menentukan kesuksesan suatu bisnis atau perusahaan.

Menjadi seorang pemimpin bisnis atau perusahaan memang tidak mudah. Pemimpin harus mampu bersikap netral dalam mengendalikan perusahaan termasuk dalam membuat keputusan. Selain itu, sebagai CEO perusahaan juga harus mampu menyeimbangkan kemampuan pekerja dengan menyesuaikan permintaan konsumen.

Dengan begitu, pemimpin juga harus mampu menjaga semangat kerja yang tinggi dan meningkatkan kinerja kepada seluruh karyawan agar hasil kerja selalu menghasilkan yang terbaik untuk kemajuan bisnis atau perusahaan.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini ada tiga cara cerdas yang bisa Anda lakukan sebagai pendiri atau pemimpin untuk meningkatkan kinerja karyawan:

1. Berikan Kebebasan dalam Menuangkan Kreativitas

Saat bekerja, jangan buat karyawan bekerja dengan cara yang monoton, apalagi terlalu mengekang karyawan dalam bekerja. Cara ini tentu akan membuat karyawan cepat merasa bosan, sehingga bisa memperburuk kinerja dan akhirnya hasil yang diberikan tidak sesuai dengan harapan.

Baca Juga  Untuk Menciptakan Hubungan yang Sehat, Pertimbangkan 5 Sikap ketika Pasangan Egois

Anda hanya perlu menjelaskan bagaimana proses kerja berlangsung, selebihnya biarkan karyawan mengeksplor kemampuan yang selama ini telah didapatkan saat menjalani pendidikan di bangku kuliah. Terlebih lagi bagi karyawan yang memang baru saja merasakan bekerja, tentu mereka akan sangat menyukai tantangan dan suka kebebasan.

Inilah saatnya bagi Anda untuk memberikan sedikit kelonggaran bagi mereka untuk berkembang dan menuangkan ide-ide kreatif mereka. Akan tetapi, jangan sampai lepas kendali. Tetaplah memantau dan berikan arahan, agar kinerja yang dilakukan sejalur sesuai harapan perusahaan.

2. Terbuka Pada Karyawan

Sebelum karyawan diberikan deretan tugas yang harus diselesaikan, ada baiknya menjelaskan terlebih dahulu apa saja yang harus dicapai oleh perusahaan mulai dari visi, program kerja dan sebagainya. Jika perlu, tak ada salahnya juga perusahaan mengadakan sebuah pelatihan kepada seluruh karyawan.

Hal ini tentu bertujuan agar setiap karyawan mengetahui peran dan tanggung jawab masing-masing, sehingga bisa memudahkan mereka dalam menuangkan ide kreatif dan menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik. Selain itu, jika memang adanya kesalahan perusahaan, tak ada salahnya terbuka kepada seluruh karyawan dan segeralah perbaiki dengan cepat.

Baca Juga  Punya Keunggulan Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman dalam Pot yang Cocok Untuk Hiasi Pekarangan

Dengan adanya keterbukaan perusahaan, bisa membuat karyawan merasakan saling memiliki sehingga mudah bagi mereka untuk terus memajukan dan mengembangkan perusahaan.

3. Berikan Kebahagiaan Karyawan

Harus diakui, bahwa zaman sekarang sangat sulit untuk menemukan pekerja yang setia kepada perusahaan. Banyak pekerja yang menjadikan sebuah perusahaan sebagai batu loncatan saja dimana mereka hanya bersedia bekerja dalam waktu yang singkat karena hanya memerlukan status pengalaman bekerja saja, kemudian mencari pekerjaan lain yang jauh lebih baik mulai dari gaji tinggi hingga banyaknya fasilitas menarik.

Oleh karena itu, Anda harus mampu memenangkan hati mereka dengan memberikan kebahagiaan. Berikan apresiasi setiap pekerjaan yang sudah diselesaikan oleh mereka. Banyak orang yang lupa betapa pentingnya mengucapkan terima kasih atas hal yang diterimanya. Jadilah atasan yang rendah hati dan berikan juga bonus pada karyawan atas pencapaiannya.

Sudahkah kita menerapkannya ?

Sumber : Cermati


WhatsApp chat