Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

Refferal Marketing

Refferal Marketing

Refferal Marketing adalah proses untuk mendorong dan secara signifikan meningkatkan rujukan dari mulut ke mulut , mungkin strategi pemasaran tertua dan paling tepercaya. Ini dapat dicapai dengan mendorong dan memberi penghargaan kepada pelanggan, dan berbagai kontak lainnya, untuk merekomendasikan produk dan layanan dari merek konsumen dan B2B, baik online maupun offline.

Refferal Marketing online adalah pendekatan berbasis internet, atau Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS), untuk Refferal Marketing tradisional. Dengan melacak perilaku pelanggan secara online melalui penggunaan cookie browser web dan teknologi serupa, Refferal Marketing online berpotensi meningkatkan kesadaran merek, rujukan dan, pada akhirnya, pendapatan. Banyak platform yang memungkinkan organisasi melihat ROI, dan mengoptimalkan kampanye mereka untuk meningkatkan hasil. Banyak sistem terbaru memberikan pengalaman yang sama kepada pengguna apakah mereka menggunakan desktop atau perangkat seluler. Pemasar rujukan offline terkadang menggunakan kartu bisnis yang dapat dilacak. Kartu nama yang dapat dilacak biasanya berisi kode QR yang menautkannya dengan konten online untuk dijual sambil memberikan cara untuk melacak penjualan itu kembali ke orang yang kartunya dipindai.

Refferal Marketing online berfokus pada interaksi antara pelanggan. Internet adalah saluran umum untuk pemasaran berbasis rujukan. Ini memberikan outlet berlimpah bagi pelanggan untuk berbagi pendapat, favorit produk, dan pengalaman mereka, termasuk situs web perusahaan dan melalui media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter , dan Google+.  Para pemasar dapat mendorong pihak yang merujuk dengan memberikan pesan pra-skrip. Advokat dapat memberikan tautan yang dipersonalisasi kepada anggota keluarga dan teman-teman mereka termasuk kode rujukan unik dan informasi iklan melalui email, blog, dan pesan instan. Perusahaan dapat memberikan hadiah kepada advokat ketika anggota keluarga dan teman mereka membeli melalui tautan. 

Baca Juga  The Devil's Light : Perjuangan Biarawati Lawan Roh Jahat

Teknologi yang sama ini juga membantu perusahaan membuat sistem yang mengintegrasikan rujukan ke dalam rencana pemasaran. Dengan melacak lalu lintas pengguna, perusahaan dapat menawarkan referensi ke pelanggan online lainnya.

Manfaat dari program referensi

Sebuah studi yang dilakukan oleh Goethe University Frankfurt dan University of Pennsylvania , pada program rujukan dan nilai pelanggan yang mengikuti program rujukan pelanggan dari sebuah bank Jerman yang membayar pelanggan 25 euro untuk membawa pelanggan baru, dirilis pada Juli 2010. Studi ini menemukan bahwa pelanggan yang dirujuk lebih menguntungkan dan loyal daripada pelanggan normal. Pelanggan yang direferensikan memiliki margin kontribusi yang lebih tinggi, tingkat retensi yang lebih tinggi dan lebih bernilai baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Ada dua jenis hadiah yang disediakan oleh program referensi.

Dalam satu opsi, pelanggan saat ini diberi insentif. Hadiah rujukan dapat dalam berbagai bentuk, seperti uang tunai, hadiah, diskon, voucher belanja, atau poin yang dapat ditukarkan. Sebagai contoh, operator telepon seluler memberikan hadiah satu kali kepada pelanggan yang dirujuk dan menambahkan penghematan jangka panjang tergantung pada penggunaan individualnya. Operator juga menawarkan tingkat interaksi yang lebih rendah antara pelanggan daripada interaksi dengan nonkonsumen.

Baca Juga  Alur Membuat SKCK Online untuk Syarat Daftar CPNS. Nggak Perlu Lagi Antre Lama di Polres

Program kedua adalah di mana perujuk mendapat manfaat dari pelanggan yang sudah ada dengan memiliki visibilitas yang meningkat atau pengakuan sebagai spesialis atau dengan mendapatkan perlakuan khusus, terutama jika pelanggan menjadi mitra perusahaan.

Keuntungan

Pelanggan berbasis referensi lebih cocok. Pelanggan yang dirujuk kemungkinan berinteraksi dengan orang-orang yang mirip dengan mereka.

Pelanggan yang ada tahu tujuan pemasaran dan memahami kebutuhan klien potensial. Perujuk dapat mengukur kecocokan yang baik antara keduanya dan pelanggan yang cocok dapat membantu perusahaan menghasilkan lebih banyak keuntungan dengan biaya lebih rendah.

Nilai dan kontribusi pelanggan yang diperoleh melalui kampanye rujukan lebih tinggi daripada pelanggan yang tidak dirujuk.

Program rujukan adalah metode yang baik untuk mendefinisikan kepuasan konsumen. Jika relatif sedikit konsumen yang bersedia bertindak sebagai pengarah, kepuasan pelanggan perusahaan mungkin rendah.

Program rujukan membantu perusahaan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Perusahaan dapat mencocokkan motivasi dengan harapan konsumen dan meningkatkan efektivitas program pasar. Program hadiah rujukan juga dapat dianggap sebagai alat untuk mempertahankan pelanggan saat ini.

Baca Juga  Usai Erupsi Semeru, Warga di Sekitar Merapi Diminta Siaga

Kekurangan

Program rujukan dapat disalahgunakan oleh oportunis. Mereka dapat merekomendasikan produk yang tidak sesuai kepada orang lain untuk memperoleh biaya rujukan. Motivasi finansial pelanggan yang merujuk dapat merusak ketulusan rekomendasi mereka.

Untuk mengenali rujukan dan melacak pembelian oleh konsumen yang dirujuk di media sosial, program rujukan sangat bergantung pada database.  Iklan dan kampanye surat langsung yang ditargetkan secara tepat berdasarkan pada basis data membantu perusahaan mengklasifikasikan pelanggan dan meningkatkan tingkat rujukan.

WhatsApp chat