Top Choice for Your Business

Klik untuk hubungi kami >> Contact Us

LIMA RESIKO YANG MENGINTAI JIKA TIDUR TERLALU LAMA

Resiko kesehatan bisa muncul ketika kamu mengabaikan kondisi tubuh kamu sendiri. Faktanya tubuh kamu membutuhkan beragam perawatan agar tubuh tetap dalam kondisi yang prima. Perawatan yang akan menunjang performa tubuh kamu salah satunya adalah dengan menjalani gaya hidup yang sehat. Beberapa contoh gaya hidup yang sehat ini meliputi asupan makanan dan minuman yang bernutrisi, melakukan olahraga secara rutin, dan juga memenuhi kebutuhan tubuh akan istirahat.

Namun tentunya segala hal yang dilakukan secara berlebihan tentu dapat menimbulkan bahaya. Saat kamu terlalu sering melakukan olahraga maka resiko kesehatan yang dapat muncul adalah kelelahan yang berlebih dan juga resiko terkena cidera. Hal ini pun termasuk dengan waktu istirahat. Meskipun istirahat memiliki dampak baik terhadap kesehatan, namun saat kamu tidur terlalu lama maka ada resiko kesehatan yang mengintai.

Setiap orang memiliki aktivitas harian yang berbeda sehingga lamanya waktu berisitirahat atau waktu tidur pun menjadi berbeda pula. Selain aktivitas harian, beberapa faktor yang memengaruhi lamanya waktu tidur yang dibutuhkan seseorang adalah usia, gaya hidup, juga kondisi kesehatan. Faktanya waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah antara 7 hingga 9 jam. Lalu apa yang terjadi jika seseorang tidur melebihi waktu seharusnya? Apakah ada resiko kesehatan dibalik kebiasaan ini?

Baca Juga  Resep Sederhana Tumis Kapri Jagung Muda

1. Resiko Kesehatan Sakit Kepala
Hal yang umum akan kamu rasakan setelah tidur terlalu lama adalah rasa sakit pada kepala. Rasa sakit kepala ini pun bisa terjadi saat kamu tidur terlalu lama pada siang hari sehingga sulit tidur pada malam hari sehingga membuat kamu mengalami sakit kepala di keesokan harinya. Resiko kesehatan ini terjadi karena tidur terlalu lama dapat memengaruhi kerja senyawa kimia pada otak. Ingat untuk tidur secukupnya saja ya.

2. Resiko Kesehatan Obesitas
Resiko kesehatan selanjutnya yang mungkin akan kamu alami jika tidur terlalu lama adalah meningkatkan resiko obesitas. Fakta ini berkaitan dengan hasil penelitian yang mengungkap bahwa orang yang biasa tidur lebih lama atau sekitar 9 hingga 10 jam pada malam hari cenderung akan mengalami obesitas dibanding orang-orang dengan jam tidur yang normal. Resiko kesehatan ini pun dapat terjadi pada kondisi kurang tidur.

3. Resiko Kesehatan Diabetes
Bagi kamu yang sehat terutama memiliki keturunan dengan penyakit gula harus tahu bahwa kebiasaan tidur terlalu lama memiliki resiko kesehatan berupa penyakit diabetes. Kebiasaan tidur terlalu lama maupun kurang tidur faktanya berpengaruh pada peningkatan resiko diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering tidur terlalu lama atau kurang tidur biasanya akan mengalami gangguan dalam pengaturan kadar gula darah sehingga menimbulkan penyakit diabetes.

Baca Juga  Gelato dan Ice Cream, Kenali Perbedaan Keduanya

4. Resiko Kesehatan Gangguan Mental
Tidur terlalu lama nyatanya tidak hanya memengaruhi kondisi kesehatan secara fisik tapi juga kondisi kesehatan secara psikis. Beberapa gangguan mental yang bisa kamu alami jika tidur terlalu lama diantaranya adalah depresi dan gangguan tidur seperti insomnia. Faktanya sebanyak 15% penderita depresi adalah mereka yang mengalami masalah tidur terlalu lama.

Tidur terlalu lama biasanya lebih sering terjadi pada penderita depresi dengan usia dewasa muda. Beberapa diantaranya  adalah mereka yang memiliki gangguan bipolar. Selain itu tidur terlalu lama juga dapat menyebabkan resiko kesehatan lainnya seperti gangguan memori, kecemasan, dan mudah merasa lelah.

5. Resiko Kesehatan Penyakit Jantung
Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang memiliki kebiasaan tidur antara 9 hingga 11 jam setiap malam memiliki resiko kesehatan yang lebih besar untuk terkena penyakit jantung dibanding wanita yang biasa tidur selama 8 jam setiap malam. Tidur terlalu lama nyatanya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih rentan terkena penyakit termasuk penyakit jantung.

Baca Juga  5 Tanda Lingkungan Kerja Toksik yang Bisa Diketahui saat Interview

WhatsApp chat